Kendalikan Lidah Anda (TAME YOUR TONGUE)

Majalah Time memuat kisah tentang seorang pemimpin agama tingkat dunia yang tidak sengaja memaki saat ia memimpin ibadah dan didengar semua orang. Pernah juga Pangeran Charles yang sedang diwawancara lalu difoto para wartawan memaki mereka dengan perlahan, tetapi ia lupa bahwa microphone-nya belum dimatikan!

Cursing atau makian sering kita dengar di film, seolah itu bagian dari percakapan yang lumrah "%#*$%.." Dari makian yang paling biasa disebut sampai yang kasar menggunakan nama Tuhan.

SUMBER YANG SAMA. 
Seharusnya tidak boleh dari mulut yang sama keluar doa tetapi dari mulut itu juga keluar kata-kata makian. Rasanya tidak cocok bila seorang yang terhormat dan berpendidikan seperti kita mengeluarkan kata-kata yang lebih rendah dari batas kesopanan. Bahkan dalam hati pun tidak boleh. Walaupun tidak ada microphone, kata-kata seperti itu tidak perlu ada dalam vocabulary pikiran dan hati kita. Suatu saat, suatu hari, keceplosan akan terjadi bila kita simpan hal itu dalam hati. Malu dong..!

KATA-KATA MENCIPTA. 
Suatu hari Anda akan memakan kata-kata Anda sendiri. Apa yang Anda ucapkan, akan kembali dengan konsekuensinya, karena kata-kata memiliki daya menciptakan. Bila Anda ucapkan kata-kata makian, hari yang cerah berubah mendung, masalah sepele menjadi besar, urusan yang seharusnya bisa lancar jadi mampet, gara-gara Anda menyetopnya dengan kata-kata Anda.

TANGGUNG JAWAB.
Suatu hari nanti kita akan diminta pertanggung jawaban bukan hanya untuk apa yang kita lakukan, tapi juga apa yang kita katakan.

MENGHAMBAT BERKAT.
Ingat, Tuhan yang sama yang menjawab doa Anda, Ia juga mendengar doa orang yang sakit hati gara-gara ucapan Anda. Bila mereka menangis kepada-Nya, apakah Ia akan diam saja? Bila Anda teringat kata-kata tajam yang pernah Anda ucapkan pada orang lain, segeralah meminta maaf. Jangan sampai kesalahan Anda menghambat berkat Anda (EI).

TONGUE HAS NO BONES, BUT IT IS STRONG ENOUGH TO BREAK A HEART.

Penulis : Esther Idayanti

image by christianfellowshipnetwork.com