Kebebasan (Freedom)


Ada seorang anak yang bermain di kebun dan mengejar ayam-ayam peliharaan ibunya. Salah satu ayam terinjak dan mati, kebetulan hal ini dilihat oleh kakaknya. Sang kakak berkata, "Nah lo... Aku lapor ke mama kalau kamu injak ayam sampai mati!" Anak ini memohon-mohon pada kakaknya dan berjanji kalau kakaknya tidak lapor, ia akan membereskan kamar kakaknya. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh sang kakak. Tiap hari ia berkata "Aku laporin lho.." Dan sang adik terpaksa membereskan kamar kakaknya. Tugas dari kakak makin lama makin banyak, dan ia tak kuasa menolak saat kakak mengancam "Aku laporin lho.."

Suatu hari seperti biasa sang kakak menyuruh adiknya membereskan kamarnya. Tapi kali ini adiknya tenang-tenang saja. Sang kakak berkata, "Aku laporin lho..." Tapi tidak mempan. Adiknya berkata, "Aku sudah mengaku pada mama, dan sekarang aku bebas!"

Kisah sederhana ini menggambarkan bahwa sebenarnya kita bisa mengalami kebebasan penuh bila kita mengaku dosa pada Tuhan dan memohon pengampunan-Nya. Tidak perlu lagi tunduk pada ancaman dan tuduhan si Jahat. Tetapi beberapa orang takut datang pada Tuhan.

Orang menganggap Tuhan sebagai polisi yang membawa tongkat, siap mencari orang-orang yang berbuat kesalahan sekecil apapun dan menghukum mereka. Bila mereka merasa bersalah/berdosa, mereka datang pada teman baik mereka, karena menganggap teman baik bisa menerima mereka apa adanya. Tapi coba pikirkan, apakah Tuhan kurang "pemurah" dibandingkan teman Anda yang manusia biasa? Apakah Tuhan kurang peduli dibandingkam teman Anda?

Tuhan menerima Anda apa adanya, bahkan di saat Anda berdosa, Ia justru menanti Anda datang kepada-Nya untuk diampuni dan dipulihkan. Kebohongan besar dari Iblis adalah, "Kamu tidak layak, tidak bisa diampuni." Tetapi hanya dosa yang tidak diakui, tidak diampuni. Kasih karunia dan pengampunan-Nya tersedia bagi kita. Datanglah kepada-Nya (EI)

GOD HATES THE SIN, NOT THE SINNER. I MAY BE A GREAT SINNER, BUT I HAVE A GREATER SAVIOR 

Penulis : Esther Idayanti
Image : disciplegideon.wordpress